Google Memblokir Ribuan Situs WordPress

Google Memblokir Ribuan Situs WordPress.

Google Memblokir Ribuan Situs WordPress. Perusahaan keamanan Sucuri belum lama ini melaporkan bahwa Google telah memblokir ribuan situs WordPress yang diduga terinfeksi malware varian baru buatan soaksoak.ru. Dalam laporannya, Sucuri secara detail menyatakan bahwa ada sekitar 11.000 domain bermesin WordPress yang terkena imbas. Sementara untuk total website yang terkena dampak, Sucuri menyebutkan lebih dari 100.000 website.

Dengan memanfaatkan celah pada plugin RevSlider, SoakSoak mampu merubah file pada instalasi WordPress yang kemudian akan me-load malware melalui Javascript.

RevSlider merupakan plugin yang sangat sering digunakan dalam Theme WordPress. Namun celakanya, banyak pemilik website yang bahkan tidak menyadari jika mereka menggunakan plugin tersebut mengingat RevSlider adalah plugin premium. Dengan demikian, untuk bisa memperbaruinya bukan perkara mudah.

Daniel Cid dari Sucuri menyampaikan: “Persoalan terbesarnya adalah karena RevSlider merupakan plugin premium. Ini bukan sesuatu yang bisa diupgrade dengan mudah dan oleh sebab itu, bisa menjadi bencana bagi pemilik website.”

Apabila website telah terinfeksi malware tersebut, pengunjung yang datang kemungkinan besar akan diarahkan ke halaman baru agar malware tersebut bisa masuk kedalam komputer pengunjung. Keputusan Google untuk memblokir situs-situs yang terinfeksi itu diharapkan bisa mencegah penyebaran malware tersebut supaya tidak meluas.

Jika anda merasa situs anda terkena imbasnya, cukup ikuti thread-thread di Forum WordPress untuk menanganinya. Disana tersedia banyak tutorial ataupun cara untuk memperbaikinya. Namun apabila anda merasa situs anda terbebas dari ancaman ini, anggaplah ini sebagai masukan bahwa menjaga plugin tetap up-to-date adalah pilihan yang paling bijak, baik untuk kepentingan desain maupun seo secara spesifik.