Strategi e-Marketing Untuk Pengembangan Bisnis

Gambar 1

Apakah e- Marketing itu? E- Marketing merupakan istilah yang memiliki arti sebagai pemasaran internet. Pemasaran internet adalah suatu bentuk upaya untuk melakukan pemasaran baik produk barang maupun jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet. Adapun dalam e-Marketing hal yang paling sering dihubungkan adalah pembuatan produk periklanan, pencarian prospek ataupun pembeli, dan penulisa kalimat yang bertujuan untuk penjualan produk barang atau jasa.

Secara umum pemasaran internet atau e-Marketing meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, maupun periklanan yang menggunakan spanduk digital. Namun dengan semakin banyaknya bisnis online yang ada saat ini tentu saja memunculkan persaingan bisnis yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

Internet marketing atau e-Marketing merupakan salah satu strategi marketing terdiri dari beberapa tahap yang diambil dengan prosedur untuk pemasaran merk melalui sebuah situs. Yang harus diperhatikan dalam strategi marketing e-marketing adalah website perusahaan, sehingga website perusahaan harus diformat dalam desain yang tepat dan menarik dan berbeda agar mampu membuat calon konsumen terkesan.

Gambar 1

Berikut ini adalah aspek-aspek penting yang ada dalam strategi e-marketing intik pengembangan bisnis :

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan prosedur yang berhubungan dengan upaya untuk menarik lalulintas internet ke dalam situs yang dimiliki sebanyak mungkin.

SEO sangat penting untuk menunjang keberhasilan pemasaran bisnis online karena dapat mengoptimalkan website yang dimiliki sehingga situs anda memiliki peringkat halaman pertama pencarian. Dan pengguna internetpun dapat dengan mudah mengunjungi situs anda untuk mencari konten yang diinginkan.

  • Strategi pemasaran email

Aspek penting lainnya adalah strategi pemasaran email, yaitu menginformasikan produk barang maupun jasa kepada konsumen yang potensial melalui email. Hal ini terbukti secara efektif mampu meningkatkan bisnis online.

  • Iklan online

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menempatkan iklan atas produk barang atau jasa dengan maksud mendapatkan sejumlah lalu lintas dari pengguna internet. Afiliasi internet marketing merupakan contoh yang sangat efektif dari iklan online.

  • Online newsletter

Newsletter online bisa dijadikan sebagai cara yang efektif untuk menyampaikan informasi yang bertujuan mempromosikan produk barang atau jasa kepada konsumen. Bisnis online biasanya mengeluarkan newsletter online untuk pelanggan reguler dengan memberikan iformasi mengenai produk yang ditawarkan dan kemungkinan produk baru yang akan dirilis. Berbeda dengan pemasaran email, maka newsletter online dikeluarkan pada interval waktu yang lebih teratur.

  • Media berita

Situs yang mencakup blog perusahaan adalah sebuah ruang berita media, dan penting untuk diperhatikan bahwa informasi tersebut dapat diakses melalui jaringan media sosial. Hal ini dinilai sangat efektif, karena jika informasi perusahaan juga melalui media sosial maka dapat diketahui oleh masyarakat luas secara lebih cepat sehingga lebih efektif. Berdasarkan hal tersebut maka aspek ini merupakan salah satu strategi e-marketing yang dinilai paling efektif untuk digunakan.  Semoga bermanfaat.